Rolasan.id Klaten. ~ Yasasan Ibnu Abbas Klaten mengadakan kegiatan media gathering di aula lantai 2, kampus 1 PPTQ Ibnu Abbas, Belangwetan, Klaten, Jumat, (14/6/2024). Acara ini sebagai bentuk silaturahmi dan kerjasama pelayanan informasi publik dengan rekan-rekan jurnalis dari berbagai media massa dalam mengawali masa kerja kepengurusan baru periode 2024-2029.

Yayasan Ibnu Abbas berdiri sejak 2003 dirintis oleh Dr KH Muhammad Muinudinillah Basri rahimahullah dan para pejuang dakwah Islam di Klaten. Lembaga ini didirikan untuk menjawab permasalahan keumatan baik sosial, ekonomi, dakwah, dan pendidikan yang dulu dikenal dengan Yayasan Islamic Center Ibnu Abbas.

“Lewat saluran Radio ICFM yang dimiliki saat itu, program-program dakwah kami selalu ditunggu oleh masyarakat,” kata Ketua Yayasan Ibnu Abbas Klaten, Ir Hj Suciningsih.

Lembaga nirlaba ini sukses menyelenggarakan amal usaha bidang pendidikan melalui Pondok Pesantren Tahfizhul Qur’an (PPTQ) Ibnu Abbas yang berproses sejak 2007. PPTQ Ibnu Abbas memiliki unit pendidikan dari usia dasar hingga pendidikan tinggi. Unit pendidikan tersebut yakni Kuttab Ibnu Abbas untuk sekolah dasar, Kulliyatul Mu’allimin Ibnu Abbas (KMI) yang fokus pada kaderisasi ulama, SMPIT-SMAIT untuk pendidikan formal, dan Ma’had ‘Aly pada pendidikan tinggi.

“Visi Qur’an yang dicetuskan para pendiri tidak cukup diwujudkan dalam bidang pendidikan saja tapi juga aspek kesehatan, sosial, dan lainnya. Melalui kerja sama informasi dengan media massa, sebagai penyambung informasi ke publik yang kredibel, program-pogram kami bisa diakses dan tersampaikan dengan baik,” ungkapnya.

Pada Juni 2024 ini, Yayasan Ibnu Abbas melalui program bidang yang dimiliki telah meraih capain prestasi dan akan melaksanakan beberapa kegiatan:

Pertama, bidang pendidikan, melalui unit SMAIT Ibnu Abbas menjadi salah satu delegasi dari 6 SMA dari Indonesia bersama 7 Dosen UGM Yogyakarta diundang pada forum internasional di Chen Shiu University, Taiwan, 2-6 Juni 2024. Pada agenda tersebut turut menandatangani nota kesepahaman untuk peningkatan kualitas akademik dan manajemen dengan dua sekolah tingkat menengah atas yang berprestasi di Taiwan, yakni Fo Guang Shan Pu-Men dan Chung Shan.

“Terwujudnya kerjasama internasional tersebut akan meningkatkan peluang para santri kami untuk belajar di luar negeri semakin luas,” ungkap Ketua Bidang Pendidikan sekaligus Direktur PPTQ Ibnu Abbas Klaten, KH Muhammad Uqbah Azis Lc MA.

Capain penerimaan perguruan tinggi negeri 2024, tambah Ustaz Uqbah (sapaan akrabnya), bahwa lulusan SMAIT Ibnu Abbas yang lolos melalui jalur prestasi atau SNBP sebanyak 22 santri dan jalur tes atau UTBK-SNBT sebanyak 73 santri.

Agenda terdekat PPTQ Ibnu Abbas akan menggelar Wisuda Sanad dan Wisuda Santri atau akhirussanah. Wisuda Sanad akan dilaksanakan di kampus 2 PPTQ Ibnu Abbas, Troso, Ahad, 23 Juni 2024, sedangkan Wisuda Akbar berlangsung di gedung W Wongso Menggolo, Klaten, Kamis, 27 Juni 2024, mendatang.

“Ada 482 penghafal Qur’an dari tingkat SMPIT, SMAIT, dan Ma’had ‘Aly yang akan mengikuti wisuda santri tahun ini. Berbagai tokoh daerah dan nasional akan kami undang untuk menyaksikan momen sakral ini,” pungkas Ustaz Uqbah.

Kedua, bidang kesehatan, akan mengadakan khitanan massal yatim-dhuafa, layanan cek kesehatan, dan pengobatan gratis dalam rangka soft launching Klinik Pratama Rawat Jalan Ibnu Abbas Klaten, di kampus 2 PPTQ Ibnu Abbas, Troso, Ahad, 23 Juni 2024. Acara ini bekerjasama dengan pemerintah desa Troso, Rumah Sakit Islam Klaten dan beberapa lembaga terkait.

“Prosesi soft launching akan diawali dengan pengajian ahad pagi, yang bertemakan mewujudkan masyarakat yang sehat dan bahagia jiwa raga,” ujar Ketua Bidang Kesehatan Ibnu Abbas, dr Miftahul Jannah Salwah Ummah.

Dia menjelaskan kehadiran klinik pratama ini, sebagai salah satu cara untuk mendukung program pemerintah agar masyarakat dapat akses kesehatan yang mudah dan terjangkau. Setelah resmi launching, semoga keberadaan klinik pratama ini semakin memperkuat kebermanfaatan Yayasan Ibnu Abbas melalui bidang Kesehatan.

Ketiga, bidang sosial melalui ProZIS Ibnu Abbas berhasil meraih prestasi The Best Ambassador berbasis pesantren sebagai lembaga zakat infak dan sedekah (ZIS) sebagai mitra resmi Baitulmaal Muamalat (BMM) sejak 2020. Prestasi tersebut mendorong peningkatan di sisi penghimpunan ZIS, pada Januari hingga Mei 2024 naik signifikan mencapai 1,4 miliar lebih, dilihat dari capaian setahun sebelumnya yakni 1,3 miliar.

“Hasil dari penghimpunan tersebut, pada 2023 kami salurkan kepada 15.437 penerima manfaat dan berlanjut Januari hingga Mei 2024 sebanyak 8.806 penerima manfaat. Capaian ini akan terus ditingkatkan sehingga ProZIS Ibnu Abbas bisa menjadi lembaga ZIS yang mandiri minimal ditingkat provinsi,” papar Ketua Bidang Sosial dan ProZIS Ibnu Abbas, Fajarul Falah SThI.

Pada Idul Adha 2024, ProZIS Ibnu Abbas akan melangsungkan pemotongan hewan kurban berpusat di kampus 2 PPTQ Ibnu Abbas, Troso. Pihaknya menarget penerima manfaat kurban tahun ini bisa meningkat dari tahun sebelumnya yang mencapai 1.116 orang dan menjangkau seluruh daerah lain di Klaten.
( fat)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *