Rolasan.id Jakarta. ~ Kabupaten Klaten meraih penghargaan Innovative Government Award (IGA) 2023, kategori Kabupaten Terinovatif dari Kementerian Dalam Negeri. Penghargaan tersebut diserahkan Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian kepada Bupati Klaten, Sri Mulyani di Kantor Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri Jakarta, Selasa (12/12/2023).

Penganugerahan Innovative Government Award kepada Daerah Provinsi dan Kabupaten/Kota merupakan penilaian dan apresiasi pemerintah pusat terhadap semangat dan keberhasilan pemerintah daerah dalam penyelengaraan pemerintahan daerah dengan cara-cara inovatif.

Melalui penilaian dan penghargaan IGA ini, diharapkan dapat mendorong dan memotivasi pemerintah daerah, untuk terus melakukan inovasi daerah dalam meningkatkan layanan publik, tata kelola pemerintahan, dan pembangunan di daerah.

Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia, Tito Karnavian menyampaikan selamat kepada provinsi, kabupaten/ kota yang telah menerima penghargaan. Ia menuturkan antusias pemerintah daerah mengikuti penilaian IGA setiap tahunnya mengalami peningkatan. Oleh karena itu, Kemendagri selalu mendorong pemerintah daerah untuk memiliki inovasi yang bermanfaat bagi daerahnya.

“Selamat kepada rekan-rekan yang mendapatkan award. Antusias pemerintah daerah mengikuti IGA ini tiap tahunnya mengalami peningkatan, tahun 2023 ini terdapat 527 pemerintah daerah. Kemendagri sendiri akan selalu mendorong pemerintah daerah untuk memiliki inovasi. Tapi inovasinya jangan hanya sembarang inovasi. Harapannya inovasi yang diciptakan dapat bermanfaat bagi daerah itu, dan juga dapat menjadi ide untuk daerah lainnya,” tuturnya.

Ditemui seusai acara, Bupati Klaten, Sri Mulyani mengucapkan terima kasih kepada segenap masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Klaten atas raihan penghargaan tersebut. Ia mengatakan Kabupaten Klaten masuk dalam 16 besar Kabupaten Terinovatif se Indonesia. Oleh karenanya, ia berharap kedepan prestasi tersebut dapat dipertahankan dan ditingkatkan lebih baik lagi.

“Terima kasih kepada pemerintah dan masyarakat Kabupaten Klaten. Ini adalah hadiah terindah di penghujung tahun 2023. Klaten mendapatkan IGA 2023. Alhamdulillah Klaten masuk dalam 16 besar kabupaten terinovatif se Indonesia. Ini semua berkat kerja keras kita bersama yang harus kita pertahankan dan tingkatkan di tahun mendatang. Adapun inovasi yang kami lakukan adalah yaitu matur dokter. Matur dokter adalah inovasi kami yang bergerak di bidang kesehatan. Kemudian inovasi lain yaitu pengembangan padi rojolele srinuk,” ungkap Sri Mulyani.

( bagian prokopim setda kabupaten klaten/ red )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *