Gerhana Bulan, Puluhan Warga GSA Mojayan Gelar Sholat Khusyuf

Rolasan.id Klaten. ~ Pada hari Selasa 8 November 2022 ada fenomena alam yakni akan terjadi gerhana bulan total, bagi umat Islam hal ini ada sunnah untuk menjalankan sholat khusyuf atau sholat pada waktu terjadi gerhana baik itu gerhana matahari maupun bulan.

Hal ini juga di lakukan oleh warga Perum Griya Sendang Asri ( GSA) Kelurahan Mojayan, Kecamatan Klaten Tengah, Klaten, Jateng. Sholat gerhana tersebut dilaksanakan di Masjid At+Taqwa dengan dihadiri seluruh umat Islam dari warga Perum GSA dan warga sekitar.

Menurut keterangan Ketua Takmir Masjid At-Taqwa, Arif Islamy mengatakan setelah mendapatkan informasi terkait adanya gerhana bulan yang jatuh pada hari Selasa (8/11/2022), maka dirinya mengajak jamaah masjid untuk melaksanakan sholat khusyuf atau sholat gerhana.

“Ajakan untuk menjalankan sholat gerhana ini sesuai yang disunnahkan oleh Nabi Muhammad SAW, bila terjadi gerhana maka perbanyaklah dzikir ( mengingat) Alloh SWT, perbanyak doa dan melaksanakan sholat sunnah untuk mengagungkan Alloh.” Kata Arif Islamy

Lebih lanjut dirinya mengatakan kegiatan sholat gerhana ini juga merupakan edukasi bagi warga, agar terbiasa dengan amalan amalan sunnah salah satunya sholat gerhana.

“Ini merupakan edukasi bagi warga masyarakat agar terbiasa dengan amalan sunnah, seperti halnya dengan sholat gerhana ini, karena jarang terjadi, sehingga bila kejadian serupa sudah tidak merasa canggung untuk melaksanakannya.” Jelasnya

Diketahui bahwa tata cara sholat sunnah gerhana sama seperti lazimnya sholat wajib pada umumnya, sholat gerhana dilaksanakan dua rokaat, namun dalam tiap rokaat ada dua bacaan Al Fatihah dua surat dan dua rukuk selebihnya sama dengan sholat wajib yakni sujud, duduk diantara dua sujud dan tasyahud.
( fat)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post DKUKMP Klaten Berikan Pendampingan Proses Sertifikasi Halal Pelaku UMKM
Next post TMMD Kodim 0723/ Klaten Selesai, Gotong Royong Menjadi Tujuan Utama