Rolasan.id Klaten . ~ Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Puan Maharani memuji fasilitas modern yang ada di Pasar Gedhe Klaten. Modernitas pasar tradisional tersebut diharapkan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat dan daerah.
Hal tersebut disampaikan saat peresmian Pasar Gedhe Klaten, Senin (4/12/2023). Pasar Gedhe Klaten dibangun oleh Kementerian mulai tahun 2021 dan selesai pada Mei 2023. Pasar yang kembali beroperasi pada Agustus 2023 ini telah dilengkapi travelator dan eskalator di setiap lantainya yang memudahkan akses pedagang maupun pembeli yang beraktivitas di dalamnya.

Suplai energi di pasar yang terdiri dari tiga bangunan ini juga ditunjang dengan panel surya yang menyuplai hampir 50 persen kebutuhan listrik Pasar Gedhe Klaten setiap harinya. Selain itu, keberadaan parkir motor di lantai 3 bangunan dan jembatan penghubung antar bangunan, semakin mempermudah akses masyarakat dalam berbelanja.

“Pasar itu cerminan ekonomi suatu wilayah, jadi saya berharap dengan semakin modernnya Pasar Klaten ini pedagang dan pembeli bisa melakukan aktivitas jual beli dengan nyaman. Dan ini merupakan satu-satunya pasar yang ada di Indonesia yang sudah sangat modern,” ungkap Puan.

Ia juga menyebut Pasar Gedhe Klaten akan menjadi role model pembangunan pasar-pasar yang dibangun oleh Pemerintah Pusat.

“Saya minta dijaga kebersihannya, keamanannya, dan kenyamanannya. Sehingga ke depannya bisa seperti ini terus, pasarnya bersih dan nyaman,” paparnya.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua DPR RI juga menyempatkan berbelanja langsung ke pedagang Pasar Gedhe Klaten. Menurutnya keberadaan Pasar Gedhe Klaten sudah menjadi ikon dari Kabupaten Klaten itu sendiri.

“Ini merupakan ikon Klaten, orang ke Klaten ya harus berkunjung ke Pasar Gedhe Klaten. Di mana lagi bisa belanja di pasar tradisional yang nyaman dan modern seperti ini,” katanya.

Sementara itu, Bupati Klaten, Sri Mulyani mengatakan pembangunan Pasar Gedhe Klaten merupakan bentuk pemihakan pemerintah kepada masyarakat. Menurutnya kehadiran Pasar Gedhe Klaten merupakan jaminan bagi UMKM di tengah maraknya pertumbuhan pasar modern.

“Saya yakin dan percaya bahwa pedagang Pasar Gedhe akan menjaga keberlanjutan pasar ini sehingga tidak kalah dengan pasar modern,” katanya.

Dalam acara tersebut turut diserahkan bantuan bagi puluhan pelaku IMKM di Kabupaten Klaten. (ang/Kominfo-klt/ red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *