Rolasan.id Klaten. — Hari ini Minggu (30/6/2024) satu jamaah haji asal klaten dembarkasi Donohudan meninggal dunia di Makkah atas H. Nuryadi yang tergabung di kloter 96 beralamat di Bumiharjolor Rt 02 Rw 02 Plosowangi Cawas Klaten.

Informasi yang berhasil dihimpun media ini sebanyak 7.809 jemaah haji telah dipulangkan kembali ke Tanah Air. Mereka tergabung dalam 19 kelompok terbang (kloter).

Hal itu disampaikan Widi Dwinanda, Tim Media Center Kementerian Agama (Kemenag) saat melakukan siaran langsung yang ditayangkan melalui Youtube channel Kemenag, Minggu (30/6/2024).

Hingga pukul 09.00 malam Waktu Arab Saudi (WAS) atau tanggal 30 juni 2024 pukul 01.00 Waktu Indonesia Barat (WIB), jemaah haji dan petugas yang telah diterbangkan ke Tanah Air yaitu berjumlah 58.894 orang mereka tergabung dalam 131 kloter.

“Berdasarkan data dari Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu atau SISKOHAT pada tanggal 30 Juni 2024 pukul 08.15 WIB, jemaah haji Indonesia yang wafat yaitu berjumlah 324 orang,” kata Widi Dwinanda.

Sementara itu per 13.05 WIB, total jemaah wafat berdasarkan perhitungan SISKOHAT mencapai 329 orang termasuk satu jamaah haji asal Klaten H. Nuryadi.

Widi Dwinanda juga menyampaikan jumlah jemaah yang diberangkatkan dari Makkah ke Madinah untuk beribadah di Masjid Nabawi berjumlah 1.829 orang, mereka tergabung dalam 5 kloter.
Satu Jamaah Haji Asal Klaten Meninggal Dunia.
Berita duka datang dari jama’ah haji Klaten. Seorang jamaah haji Klaten atas nama Nuryadi dari kloter 96 dinyatakan meninggal dunia.

Kepala Kantor Kementerian Agama ( Kemenag ) Kabupaten Klaten Anif Solikhin saat dikonfirmasi media ini membenarkan adanya kabar salah satu jamaah Haji asal Klaten debarkasi Donohudan atas nama H. Nuryadi meninggal dunia.

“Innalilahi wa Inna ilaihi rojiun. Jamaah haji Klaten atas nama H. Nuryadi dari kloter 96 yang tergabung di Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umroh ( KBIHU ) Arofah Klaten dinyatakan meninggal dunia. Berdasarkan keterangan Certificad Of Death atau COD, almarhum meninggal dunia pukul 08.00 waktu Arab Saudi atau sekitar pukul 12.00 WIB pada hari Ahad (30/6/2024 ). Almarhum beralamat di Bumiharjo lor RT 02/02 Plosowangi, Cawas” kata Anif Sholikhin.

Dijelaskan terkait kronologis meninggalnya almarhum Anif Sholikhin menjelaskan jika almarhum sedang perjalanan pulang ke hotel usai beraktifitas ibadah di Masjidil Harom.

“Dari informasi petugas di lapangan almarhum waktu sedang dalam perjalanan usai beribadah di Masjidil Harom. Tiba-tiba saja beliau diketahui pingsan saat di perjalanan dengan naik bus. Tidak lama kemudian diberikan pertolongan oleh dokter kloter dan selanjutnya dilarikan ke rumah sakit terdekat di RS. An- Noor Hospital. Sampai di rumah sakit qodarallah almarhum tidak bisa tertolong. Dan almarhum dinyatakan meninggal dunia pada pukul 08.00 waktu setempat. Mohon doanya semoga almarhum akhir hayatnya Khusnul khotimah” pungkasnya.

Sebagai mana diketahui pemerintah Kabupaten Klaten pada tahun ini memberangkatkan 1.155 jama’ah haji ke tanah suci yang terbagi dalam 5 kloter.

Hingga ini jamaah haji Klaten masih menjalankan aktivitas ibadah di Mekah. Mulai tanggal 9 Juli 2024 yang akan datang jamaah haji asal Klaten baru mulai bergeser ke Madinah hingga jadwal pemulangan ke tanah air.

( moch isnaini/ red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *