JATAM Klaten Siap Dikukuhkan Untuk Angkat Reputasi Petani

Rolasan.id Klaten. — Jamaah Tani Muhammadiyah (JATAM) Kabupaten Klaten baru saja terbentuk. Jatam telah terbentuk pada 19 Mei 2023, diinisiasi oleh 15 orang sebagai pelaku dan penggerak pertanian, peternakan, dan hortikultura dari beberapa Kecamatan di Kabupaten Klaten. Terbentuknya Jatam Klaten tersebut ditandai dengan penandatangan bersama satu naskah otentik bernama Piagam Pembentukan Jatam Kabupaten Klaten. Melalui proses beberapa rapat lanjutan, para inisiator telah membentuk kepengurusan yang relatif lengkap di bidang pertanian, peternakan, perikanan, perkebunan, dan hortikultura. Disamping itu, beberapa rencana program kerja yang akan melibatkan para petani juga telah disiapkan.

Salah seorang pengurus Majelis Pemberdayaan Masyarakat (MPM) Pimpinan Pusat Muhammadiyah Wahyudi Nasution yang terlibat aktif pada proses pembentukan JATAM Klaten menjelaskan bahwa para pelaku dan penggerak pertanian, peternakan, perikanan, perkebunan, dan hortikultura di Klaten sangat antusias menyambut program dari MPM PP Muhammadiyah ini. “Semua menyadari bahwa di era ekonomi digital dan pasar bebas saat ini, para petani tidak cukup berserikat di tingkat Kelompok Tani dan Gapoktan yang skalanya sangat kecil, hanya sekitar 100-200 orang, tetapi para petani perlu mengorganisir diri atau diajak bergabung dalam perserikatan tani yang berskala besar/luas agar memiliki posisi tawar yang kuat terhadap pemilik modal besar dan para pengambil kebijakan di sektor pangan” katanya.

Dikatakan jika saja para petani tidak melakukan seperti itu maka para produsen pangan ini selamanya akan berposisi lemah dan dilemahkan.

Sementara itu Ketua Jatam Klaten Nusanta Herlambang mengatakan bahwa sebagai organisasi resmi, terbentuknya Jatam Klaten perlu dilegalkan agar Pengurus tidak merasa gamang untuk melangkah lebih lanjut. “Legalisasi Pengurus Jatam tentu hanya dapat dilakukan oleh organisasi induknya, yakni MPM PP Muhammadiyah.” katanya.

Dikatakan Nusanta atas alasan itulah, maka pihaknya akan membuat acara Pengukuhan Pengurus Jatam Klaten oleh MPM PP Muhammadiyah dalam satu rangkaian acara “Jatam Klaten Panen Padi dan Sarasehan Tani Berkemajuan” bertempat di Balai Desa Gempol, Karanganom, Klaten pada Sabtu, 8 Juli 2023 pukul 08.00 – 12.00 WIB,” kata Nusanta Herlambang.

Wahyudi Nasution menambahkan bahwa acara Panen Padi dan Sarasehan Tani di Gempol nanti bukan hanya akan dihadiri oleh Ketua MPM PP Muhammadiyah Dr. M. Nurul Yamin yang sekaligus akan mengukuhkan kepengurusan Jatam Klaten. “Insya Allah akan hadir juga Ketua PP Muhammadiyah, beberapa pimpinan dari mitra strategis MPM, MPM PWM Jawa Tengah, dan MPM PDM Klaten. Staf Kemenko Perekonomian RI juga akan hadir guna melihat dan mendengar langsung permasalahan pertanian di lapangan.” katanya.

Berbagai persiapan telah dilakukan oleh panitia bekerja sama dengan Gapoktan Dewi Sri Makmur Gempol, Pemdes Gempol, dan Pengurus Jatam Klaten. Acara akan diawali dengan para tamu diajak turun ke sewah memanen padi. “Setelah itu, para tamu akan diajak ke Rumah Tani Gapoktan guna melihat proses pasca-panen. Selanjutnya, para tamu akan mengikuti Sarasehan Tani Berkemajuan dan Pengukuhan Pengurus Jatam Klaten di aula Balai Desa Gempol sambil menikmati suguhan Nasi Rojolele produksi petani Gempol beserta nyamikan ala kadarnya” pungkasnya. ( Moch.Isnaeni )*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post Karyawan RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten Antusias Ikuti Kegiatan Donor Darah
Next post Semarakkan Syiar Musyda Muhammadiyah dan Aisyiyah Klaten, PDA Klaten Gelar Jalan Sehat, Istikomah : Peserta 1.750 orang