Rolasan.id Klaten. ~ Pada peringatan Hari Lanjut Usia Nasional ( Halun) ke 27, Forkopincam Kalikotes gelar gerakan pengendalian penyakit tidak menular dan senam  sehat, kegiatan tersebut dilaksanakan di Taman Gema Jaya Gemblegan lebih tepatnya di depan Kantor Desa Gemblengan, Kecamatan Kalikotes, Klaten, Jateng Jumat (16/6/2023), dengan mengambil tema “Lansia Terawat, Indonesia Bermartabat”

Acara tersebut dihadiri langsung oleh Plt Camat Kalikotes Veronica Retno Setyaningsih, Kepala Puskesmas Kalikotes Tri Sakti Handayani serta beberapa kepala desa  antara lain Kades Gemblegan Waluyo, Kades Jogosetran Priyadi, Kades Tambongwetan Yuliarti dan Kades Ngemplak Tri Maryani, turut hadir Babinsa dan Bhabinkamtibmas desa setempat.

Kepada media rolasan.id Plt Camat Kalikotes Veronica Retno Setyaningsih mengatakan, kegiatan ini dalam rangka peringati Hari Lanjut Usia Nasional ke 27 se-Kecamatan Kalikotes, dengan setiap desa mengirimkan lansia  untuk senam bersama serta cek kesehatan.

“Kegiatan ini penting yakni dalam upaya pencegahan penyakit regeneratif, lansia itu perlu melakukan aktifitas dan juga perlu asupan gizi yang cukup supaya seimbang antara aktifitas dan asupan.” Kata Veronica Retno Setyaningsih

Lebih lanjut dirinya mengatakan jika aktivitas dan asupan seimbang diharapkan walaupun lansia, tetap bisa mandiri tidak merepotkan orang lain.

Sementara itu Kepala Puskesmas Kalikotes Tri Sakti Handayani berharap dengan peringatan hari Lanjut Usia ke 27 ini, banyak masyarakat yang peduli terhadap lansia.

“Jika lansia terawat Indonesia bermartabat, biarpun lansia mereka tetap semangat, tetap mandiri dan berproduktif, dan mencegah penyakit penyakit regeneratif karena adanya aktifitas tersebut.” Harap Tri Sakti Handayani
( fat )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *