Rolasan.id Klaten. ~ Dalam rangka menindaklanjuti pelatihan e-Rapor  dari Pimpinan Wilayah Aisyiyah ( PWA ) Majelis Dikdasmen  Provinsi Jawa Tengah beberapa waktu yang lalu PDA Majelis Dikdasmen dan IGABA Kabupaten Klaten  mengadakan diseminasi e-Rapor  si Rois untuk guru dan Kepala Sekolah PAUD Aisyiyah se Kabupaten mulai  Kamis,  ( 5/1/2023 ). Kegiatan ini sebagai tindak  lanjut kegiatan diseminasi e-Rapor  yang sebelumnya diperuntukkan bagi operator  dan fungsionaris IGABA Kabupaten.

Ketua Majelis Dikdasmen PDA Kabupaten Klaten Hj. Istikomah, M.Pd menjelaskan bahwa pelaksanaan kegiatan ini dilakukan secara luring  atau tatap muka agar hasilnya bisa efektif dan lebih menyasar, apabila kurang faham bisa langsung ditanyakan kepada ahlinya.

“Untuk kegiatan ini kita adakan secara luring, bertempat di Aula  LPB MDMC Kabupaten Klaten dengan peserta perwakilan satu guru dan satu kepala sekolah tiap lembaga PAUD Aisyiyah dengan tetap menerapkan protokol kesehatan” katanya.

Kegiatan ini dimaksudkan untuk memfasilitasi guru dan kepala sekolah PAUD Aisyiyah dalam penggunaan aplikasi e-Rapor si Rois PAUD Aisyiyah  sehingga dapat memudahkan dalam melaporkan hasil penilaian peserta didik di lembaga PAUD masing-masing.

Acara dibuka oleh  Wakil Ketua PDA Klaten Hj.Ir. Rufaida Istiyati  selaku wakil ketua yang membidangi Majelis Dikdasmen. Dalam sambutannya Rufaida Istiyati yang akrab dipanggil bu Ida ini menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang mendukung kegiatan ini sehingga acara bisa terlaksana dengan baik.

Menurutnya  Aplikasi e-Rapor  si Rois merupakan bagian dari program digitalisasi sekolah untuk mendukung program PDA Majelis  Dikdasmen  Kabupaten Klaten.

“Melalui kegiatan ini, diharapkan para guru mampu menggunakan aplikasi E-Rapor si Rois PAUD Aisyiyah dengan bantuan operator sebagai fasilitator” katanya.

Dijelaskan bahwa sebagai guru di PAUD Aisyiyah  harus bisa mengikuti perkembangan teknologi yang cepat seperti sekarang ini telah memasuki era digitalisasi.

“Untuk memaksimalkan  kegiatan ini  mari kita sukseskan karena sukses kita adalah sukses bersamaā€¯ ujarnya.

Kegiatan diseminasi dimulai pukul 07.00 WIB dengan narasumber dari IGABA Kabupaten Klaten  dengan fullteam. Sementara untuk materi difokuskan pada materi pengaplikasian e-Rapor si Rois  bagi guru dan kepala sekolah.

Sementara Umi Fadhilah, M.Pd selaku Ketua IGABA Kabupaten Klaten mengatakan  Aplikasi e-Rapor si Rois merupakan aplikasi penilaian yang telah terintegrasi langsung ke Emis sehingga data yang terinput di Emis tersebut harus benar-benar valid.

“Penyampaian materi meliputi cara pengisian e-Rapor  si Rois untuk guru. Setiap guru diharapkan sudah menginstal aplikasi di laptop masing-masing untuk memudahkan dalam belajar. Akun untuk login sudah disediakan oleh operator sekolah sebagai admin.” katanya.

Pada tahap awal dipaparkan cara login, kemudian menjelaskan menu-menu pada aplikasi dan cara mengisinya. Menu tersebut diantaranya Data Kompetensi Dasar, Rencana Penilaian, Input Data dan Nilai, Download Format Impor, dan lain-lain.

“Bahwa tugas guru yang paling awal adalah melakukan pemetaan kompetensi dasar sesuai kelas masing-masing. Pemetaan KD merupakan hal yang sangat penting karena untuk proses ke tahap selanjutnya.” ujarnya.

Cara pengisian e-Rapor PAUD Aisyiyah ini pada dasarnya sama dengan ketika guru melakukan  login sebagai wali kelas, hanya menunya yang berbeda.

“Menu e-Rapor si Rois sebagai wali kelas diantaranya tentang semua hal terkait data Peserta Didik, Input Data dan Nilai, Proses Deskripsi Sikap, Hasil Pengolahan Nilai, Rekap Kehadiran, sampai Cetak Leger dan Rapor.” pungkasnya.

Pada kegiatan ini juga disampaikan cara mengganti logo sekolah pada cover rapor peserta didik. Para narasumber menjelaskan materi secara rinci satu persatu sehingga peserta sangat antusias bertanya tentang kesulitan dalam pengerjaan e-Rapor. Bahkan para peserta dipandu langsung karena peserta praktik di tempat. Hal ini bertujuan untuk mempermudah saat membimbing temanya di  lembaga PAUD masing-masing.

Untuk kelancaran pengaplikasian e-Rapor si Rois nanti ada beberapa hal yang harus diperhatikan diantaranya, 1) Sekolah harus membentuk tim e-Rapor PAUD Aisyiyah yang terdiri dari kepala sekolah, koordinator guru, dan operator sekolah sebagai admin, 2) Seluruh guru harus menguasai penggunaan e-Rapor  si Rois PAUD Aisyiyah ini.
( *Moch.Isnaeni* )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *