Keren, Desa Plawikan Dinominasikan Jadi Desa Study Lapangan STPMD Yogya

Rolasan.id Klaten. ~ Dalam dunia pendidikan tinggi dikenal adanya Tri Dharma Perguruan Tinggi yang merupakan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat, saat ini Sekolah Tinggi Pembangunan Masyarakat Desa ( STPMD) Yogyakarta sedang melaksanakan orientasi lapang di Desa Plawikan Kec. Jogonalan Kab. Klaten. Orientasi lapang tersebut bahkan di pimpin oleh Dr. Tri Nugroho EW, dirinya merupakan pendamping dari program Magister Ilmu Pemerintahan STPMD.

Menurut keterangan Dr. Tri Nugroho kepada awak media mengatakan kenapa Desa Plawikan yang dipilih atau menyasar Desa Plawikan, menurutnya desa Plawikan yang dipimpin seorang kepala desa yang kreatif, inovatif yang masih millenial dan juga merupakan lulusan Pascasarjana STPMD angkatan 24 jurusan Magister Ilmu Pemerintahan.

“Salah satu kiprah yang ditempuh oleh Desa Plawikan dalam melaksanakan amanat Perpres 104 tahun 2021, dimana dalam Perpres tersebut ada perintah bagi kepala desa untuk mengalokasikan dana desa sebesar 20% untuk ketahanan pangan dan peternakan, dan itu diwujudkan oleh kades yang cantik ini.” Jelas Dr. Tri Nugroho Sabtu (25/6/2022)

“Tujuan dilaksanakannya orientasi lapang adalah guna menyiapkan calon lokasi study lapangan ( field study) bagi mahasiswa pascasarjana angkatan 28 pada STPMD. Field study yang langsung menyasar dengan Focus Pemberdayaan Masyarakat dengan locus di desa Plawikan.” Ujarnya

Sementara Kades Plawikan Lilik Ratnawati mengatakan dalam upaya mengemban amanat Perpres 104 tahun 2021 tersebut, pihak pemerintah desa Plawikan dengan menggelar lomba ketahanan pangan tingkat RT, ada 29 RT semua menggeliat dan bergotong royong membangun kebun ketahanan pangan untuk diikut sertakan dalam lomba tersebut.

“Dalam lomba ketahanan pangan yang kita gelar salah satu RT memanfaatkan tanah kas desa yang lama mangkrak, tanah tersebut disulap menjadi kebun aneka sayuran yang bisa dinikmati bagi warganya.” Kata Lilik Ratnawati

Lilik Ratnawati menambahkan atas dasar itu pihak STPMD menjadikan Desa Plawikan sebagai study lapang mahasiswa pascasarjana angkatan 28, nantinya mereka bisa mendalami dari aspek pendidikan, penelitian sekaligus pengabdian masyarakat di Desa Plawikan khusunya di Dk. Karangasem RT 02 RW 01. ( fat)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post Semarak kan Muktamar PDA Klaten Gelar Gebyar PAUD
Next post Kapolres Cup Berakhir Begini Harapan Kapolres Klaten