Sidak Pasar Gedhe Klaten, Bupati Pastikan Ketersedian Dan Keamanan Bahan Pangan

Rolasan.id Klaten. ~ Bupati Klaten Sri Mulyani bersama dengan Forkopimda dan OPD terkait melakukan pengecekan ke Pasar Gedhe Klaten, Selasa (02/04/2024).

Hal itu dilakukan guna memastikan kestabilan harga, ketersediaan pangan dan keamanan menjelang Idul Fitri 1445H.

Ditemui seusai kegiatan, Sri Mulyani menjelaskan bahwa dirinya bersama Forkopimda dan OPD terkait melakukan pengecekan komoditas pangan yang berada di Pasar Gedhe Klaten. Ia menyebut harga beberapa komoditas pangan mengalami kenaikan dan ada pula yang turun. Selain mengecek harga komoditas pangan, Sri Mulyani dengan Dinas Kesehatan Klaten juga melakukan uji keamanan makanan.

“Kegiatan hari ini dengan Forkopimda hadir langsung untuk mengecek komoditas pangan yang ada di Pasar Gedhe Klaten. Alhamdulillah, harga beras sudah mulai turun, walaupun hanya sedikit, tapi sudah turun. Dan pasar yang semulanya sepi, saat ini sudah terlihat ada kenaikan pengunjung. Tugas selain mengecek komoditas pangan, juga mengecek keamanan, kesehatan jenis makanan yang dijual,” tuturnya.
Sri Mulyani mengungkapkan dari hasil uji keamanan makanan, masih terdapat beberapa pedagang yang perlu diberikan sosialisasi. Namun demikian, secara keseluruhan aman.

“Ada beberapa yang sudah dilakukan pengecekan oleh Dinas Kesehatan dan Pertanian. Dari komoditas sayuran aman untuk dikonsumsi. Kerupuk singkong yang ada warnanya aman. Namun masih ada beberapa yang perlu diperhatikan. Nantinya para pedagang akan langsung diberi sosialisasi. Secara keseluruhan aman,” ungkapnya.

Terakhir, sri mulyani mengimbau masyarakat untuk tenang seraya berpesan untuk tetap berhati-hati memilih bahan makanan yang akan dikonsumsi.

“Untuk kondisi stok, secara umum di Pasar Gedhe aman untuk menghadapi Hari Idul Fitri 2024. Masyarakat tenang saja, stok bahan pangan aman, meskipun ada yang harganya mengalami kenaikan namun tidak signifikan. Tetap hati-hati dalam memilih makanan, cermati betul apa yang akan kita beli dan yang akan kita konsumsi,” pungkasnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Bupati Klaten, Kapolres Klaten, Perwakilan Forkopimda Klaten, Sekretaris Daerah Kabupaten Klaten, Staf Ahli, Kepala OPD Kabupaten Klaten dan lainnya.
( ist/ red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post Jelang Arus Mudik Lebaran, 64 Ambulans dan 190 Nakes Siaga 24 Jam
Next post Siswa SMPN 1 Kalikotes Laksanakan Aksi Bagi Takjil Hingga Santuni Anak Yatim Melalui Program Gebrakan