Rolasan.id Klaten. ~ Sebanyak 47 orang warga Desa Belangwetan dari keluarga penerima manfaat ( KPM ) mendapatkan bantuan langsung tunai yang bersumber dari dana desa, penerimaan bantuan tersebut dilaksanakan di aula pertemuan kantor Desa Belangwetan, Kecamatan Klaten Utara, Klaten, Jateng pada hari Kamis (22/6/2023).

Menurut keterangan Kepala Desa Belangwetan Hartono mengatakan, dalam penyerahan bantuan langsung tunai ( BLT ) sesuai dengan aturan penggunaan dana desa yakni sebesar 25% diperuntukan bagi warga yang memang membutuhkan dan sudah masuk data melalui musyawarah desa yang diikuti oleh ketua RT, RW serta tokoh masyarakat.

“Bantuan ini merupakan tahap ke VI pada tahun 2023, dan secara rutin Pemerintah Desa Belangwetan menyalurkan bantuan ( BLT DD) kepada para keluarga penerima manfaat, dan untuk bulan Juni ini sebanyak 47 KPM.” Kata Hartono

Lebih lanjut Hartono mengatakan bahwa penerima bantuan pada tahun ini mengalami penurunan bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya, atau pada tahun 2022 jumlah KPM mencapai ratusan.

Hartono menambahkan Pemerintah Desa Belangwetan berharap bagi mereka penerima bantuan agar menggunakan bantuan tersebut secara bijak, jangan sampai digunakan foya foya.

“Jika memang bisa sebagian bantuan tersebut disisihkan dan dikumpulkan bisa dijadikan modal usaha, sehingga perekonomian keluarga bisa meningkat.” Ujarnya

Dirinya juga berpesan kepada para penerima agar bantuan yang didapat bisa dipergunakan untuk kegiatan yang produktif, dan hendaklah tidak selalu berharap dapat bantuan ( njagakke (JW).

“Melihat bantuan pertahun makin turun, tahun ini masih ada plot anggaran untuk bantuan BLT, untuk tahun depan belum tentu masih ada plotnya untuk BLT dari dana desa.” Pungkasnya
( fat )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *