Rolasan.id Klaten. ~ Polres Klaten akan melakukan 4 skenario rekayasa lalu lintas di exit tol fungsional Kab. Klaten selama masa mudik lebaran 2024. Masing-masing skenario akan diberlakukan menyesuaikan kepadatan arus yang terjadi.

“Ada 4 skenario yang kita siapkan. Arus lalu lintas normal, arus lalu lintas ramai, arus lalu lintas padat dan yang terakhir skenario arus lalu lintas emergency.” Ungkap Kapolres Klaten AKBP Warsono SH SIK MH melalui Kasihumas AKP Abdillah SH MH, Rabu (3/4/2024).

Pada tahap arus lalu lintas normal terdapat 2 exit tol fungsional yang akan dibuka yakni, exit tol Kuncen Kec. Ceper dan exit tol Ngawen. Pada exit tol fungsional Ngawen arus akan diprioritaskan ke arah Gergunung.

“Apabila arus di sekitar Gergunung, Bramen, Sangkal Putung dan jalur dalam kota ada peningkatan atau penumpukan maka masuk skenario kedua yaitu skenario arus lalu lintas ramai. Maka kendaraan dari exit tol fungsional Ngawen akan ditarik belok kanan ke lingkar utara, yakni ke arah Pasar Ngupit, Gayamprit kemudian ke arah Jogonalan atau Bendo Gantungan,” paparnya

Masuk skenario ketiga atau arus lalu lintas padat apabila di exit tol fungsional Ngawen, arus sekitar kota Klaten dan lingkar utara semua terjadi penumpukan kendaraan. Untuk mengurangi kepadatan maka petugas akan menutup jalur tol ke arah exit tol Ngawen dan kendaraan yang berasal dari tol Colomadu maupun Banyudono akan diarahkan semuanya ke exit tol fungsional Kuncen Ceper.

“Kendaraan yang sudah antri keluar di exit tol fungsional Ngawen kemudian akan dialihkan ke exit tol Karangnongko,” jelasnya

Ditambahkan Kasihumas, apabila setelah dilakukan skenario ketiga atau pengalihan arus kendaraan ke exit tol fungsional Karangnongko masih terjadi penumpukan kendaraan maka akan masuk skenario keempat.

“Langkah terakhir yang akan dilakukan Polres Klaten apabila masih terjadi penumpukan kendaraan di tol Solo-Yogya adalah menutup tol yang menuju Klaten. Kita akan akan berkordinasi dengan petugas di Gate Colomadu dan Banyudono untuk melakukan penutupan,” pungkasnya
( ist/ red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *