Rolasan.id Denpasar. —  Ketua Umu Asosiasi Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Indonesia Ida Pangelingsir Agung Putra Sukahet, menyerukan kepada semua pihak untuk mewujudkan pemilu damai dan tetap menjaga kerukunan antarumat beragama sebagai sarana untuk mewujudkan Cita-cita bangsa. Ha tersebut disampaikan Ida Pangelingsir di Denpasar, Selasa ( 13/2/2024 ).
 
Menurut Ida Pangelingsir terkait upaya menjaga dan menciptakan kerukunan antarumat beragama serta menjalankan proses pemilu yang damai ia memandang perlu menyampaikannya secara langsung kepada sejumlah stake holder dan para tokoh di Denpasar dan di seluruh tanah air Indonesia, dengan harapan untuk disebarluaskan.

Ida Pangelingsir Agung Putra Sukahet selaku Ketua Umum Asosiasi FKUB Indonesia menyatakan siap untuk menangkal sekaligus meluruskan berita-berita hoaks dan fitnah yang banyak bertebaran di daerah-daerah. Melalui perwakilan berbagai majelis agama yang ada dalam FKUB, pihaknya akan selalu memasyarakatkan soal toleransi dan mencegah merebaknya berita-berita bohong (hoaks).
 
“Dalam berbagai kesempatan kami selalu mengumandangkan dan menyerukan, agar seluruh rakyat Indonesia menjadi pemeluk-pemeluk agama yang baik, sekaligus menjadi warga negara yang baik. Kalau sudah menjadi pemeluk agama yang baik, menjadi warga negara yang baik, maka tidak ada lagi hoaks, fitnah, kebohongan, dan sebagainya,” harapnya.

Menurutnya kepentingan bangsa adalah tetap terjaminnya kerukunan, perdamaian, dan keamanan sehingga bisa membangun yang lebih baik untuk kesejahteraan masyarakat.

“Selama pelaksanaan pesta demokrasi, termasuk pelaksanaan pemilu pada 14 Februari 2024 besok pagi harus diupayakan semaksimal mungkin agar antarumat beragama tetap rukun. Kita laksanakan dengan seluruh itikad kebaikan untuk menyukseskan pemilu. Ini adalah kewajiban moral kita,” ujarnya.

Dikatakan dalam penyelenggaraan pemilu kepentingan bangsa hendaknya ditempatkan diatas kepentingan individu, suku, ras/ golongan dan partai politik. “Semua pihak baik tokoh-tokoh lintas agama dan tokoh masyarakat hendaknya menjadikan pemilu ini sebagai hajatan yang menggembirakan, saling menguatkan dalam kehidupan keluarga yang aman, damai dan sukses.

“Apapun hasil pemilu besok patut kita syukuri sebagai kemenangan bersama untuk mewujudkan cita-cita bangsa Indonesia yang lebih baik” pungkasnya.

( moch isnaini/ red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *