Rolasan.id Klaten – Universitas Muhammadiyah Klaten akan memberikan kesempatan untuk mengasah kemampuan sesuai bakat dan minat dengan terjun langsung ke dunia kerja sebagai langkah persiapan langkah memasuki dunia kerja.

Hal tersebut disampaikan, Wakil Rektor UMKLA, Sutaryono saat menyampaikan materi bidang akademik Sistem Pendidikan di UMKLA dihadapan ratusan mahasiswa baru peserta pengenalan kehidupan kampus bagi mahasiswa baru (PKKMB) di kampus setempat, Selasa (3/10/2023)

“Kampus Merdeka, merupakan kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, yang bertujuan mendorong mahasiswa untuk menguasai berbagai keilmuan yang berguna untuk memasuki dunia kerja. Kampus Merdeka memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk memilih mata kuliah yang akan mereka ambil”,katanya.

Dijelaskan, Kebijakan Merdeka Belajar – Kampus Merdeka ini sesuai dengan Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi, pada Pasal 18 disebutkan bahwa pemenuhan masa dan beban belajar bagi mahasiswa program sarjana atau sarjana terapan dapat dilaksanakan dengan mengikuti seluruh proses pembelajaran dalam program studi pada perguruan tinggi sesuai masa dan beban belajar, mengikuti proses pembelajaran di dalam program studi untuk memenuhi sebagian masa dan beban belajar dan sisanya mengikuti proses pembelajaran di luar program studi.

“Tujuan Merdeka Belajar Kampus Merdeka Meningkatkan kompetensi lulusan, baik soft skills maupun hard skills, agar lebih siap dan relevan dengan kebutuhan zaman, menyiapkan lulusan sebagai pemimpin masa depan bangsa yang unggul dan berkepribadian”jelasnya.

Ketua Panitia PKKMB Masta, UMKLA , Cahyo Purnomo mengatakan kegiatan ini diikuti 310 mahasiswa baru dari total 485 mahasiswa yang terjaring dalam PMB 2023 Universitas Muhammadiyah Klaten .

“PKKMB digelar selama tiga hari dan ditutup dengan kegiatan outbound sebagai sarana refreshing dan edukasi para mahasiswa menguatkan rasa kebersamaan dalam acara tersebut”,katanya di kampus UMKLA, Selasa (3/10/2023).

Lebih lanjut dijelaskan, PKKMB tahun ini mengambil “tema membangun generasi cerdas dan islami , andal dan bermartabat yang berkemajuan, hal ini sesuai dengan visi misi UMKLA sebagai amal usaha Muhammadiyah dibidang pendidikan tinggi.

“Nah untuk itu diperlukan ruang bagaimana mahasiswa baru mengetahui tentang kebijakan kampus melalui kegiatan PKKMB, kami mengundang beberapa narasumber termasuk dari Majelis Dikti Litbang PP Muhammadiyah dan Bawaslu Kabupaten Klaten”, jelasnya.
( fat)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *