Agar Tidak Putus Generasi, Pemdes Barepan Gelar Lomba Gejog Lesung Dengan Peserta Anak Dan Remaja

Rolasan.id Klaten. ~ Pemerintah Desa Barepan dalam upaya melestarikan budaya agar tetap lestari yang juga sebagai ikon desa dengan menggelar lomba seni budaya gejog Lesung yang di laksanakan di alun alun desa setempat.

Dari pantauan media rolasan.id sejumlah peserta memainkan musik tradisional gejog lesung saat lomba Gejog Lesung di Taman Barepan Cawas, Klaten, Jawa Tengah, Sabtu (2/9/2023). Lomba musik tradisional gejog lesung tersebut  digelar oleh Pemerintah Desa (Pemdes) Barepan sebagai wujud nguri-uri atau melestarikan kesenian lesung.

Uniknya lagi para pemainnya kali ini merupakan generasi muda atau milenial ikut tampil memukau di hadapan dewan juri serta penonton.

Kepala Desa (Kades) Barepan Irmawan Andriyanto mengatakan pelaksanaan lomba tersebut sebagai sarana merekatkan hubungan persatuan warga Desa Barepan, juga bisa sebagai regenerasi kepada kaum muda lebih peduli dengan budaya adiluhung, gejog lesung.

“Dengan lomba gejog lesung ini sebagai icon desa kami,yaitu Barepan dan dikuti oleh dari perwakilan rukun warga (RW), lomba diikuti sebanyak 12 tim yang rata-rata remaja atau pemuda maksimal usia 23 tahun, karena ini merupakan sebagai regenerasi,”ujarnya.

Ia terus berusaha menanamkan rasa cinta terhadap kesenian tradisional, terutama kepada anak-anak karena kesenian gejog lesung harus dilestarikan sebagai kekayaan budaya.

Pada lomba gejog lesung Desa Barepan ini mendatangkan tiga orang dewan juri yang berasal dari para seniman serta akademisi. Aspek penilaian pada lomba meliputi irama,  harmonisasi,  koreografi  dan kreatifitas.

Irmawan Andriyanto berharap generasi muda lebih peduli dan senang dengan budaya adiluhung, gejog lesung. Dengan tumbuhnya rasa senang maka budaya tersebut akan terus tumbuh subur di desa Barepan

Berdasarkan hasil penilaian dewan juri, berikut ini pemenangnya juara 1 diraih oleh group Wisanggeni dengan nilai 1685, juara 2 diraih oleh group Sekar Langit dengan nilai 1665, dan juara 3 diraih oleh group IPPS Wirabawa dengan nilai 1647. Para pemenang lomba tersebut mendapatkan uang pembinaan serta trofi dari pemerintah Desa Barepan.
( fat )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post Bupati Klaten Berikan Dua Penghargaan Kepada Pemerintah Kecamatan Kalikotes, Lihat Apa Saja
Next post SMP Negeri 1 Kalikotes Gelar Pengajian Upaya Membentuk Karakter Siswa