Rolasan.id Klaten. ~ Bupati Klaten Hj.Sri Mulyani direncanakan akan menerima rombongan Studi Tiru FKUB Provinsi Kalimantan Tengah ( Kalteng ) dan Kabupaten Deli Serdang Sumatera Utara pada Selasa pagi (29/8/2023 ) di ruang sidang paripurna DPRD II Kabupaten Klaten.

Acara tersebut akan dihadiri oleh Dandim 0723, Kapolres Klaten, Kajari Kabupaten Klaten, Kesbangpol, bagian Kesra, Kemenag Klaten dan sejumlah pejabat lainnya serta Jajaran FKUB Kabupaten Klaten.

Ketua FKUB Kabupaten Klaten KH.Syamsuddin Asyrofi menyampaikan terima kasih kepada FKUB Provinsi Kalteng dan Deli Serdang atas kepercayaannya menjadikan FKUB Klaten sebagai tempat untuk studi tiru ini.

Dikatakan FKUB Klaten memang selama ini selalu mengambil peran penting dalam menjaga toleransi antar umat beragama.

“FKUB Kabupaten Klaten hadir sebagai wadah untuk membangun kerukunan antar umat beragama karena semakin beragamnya masalah kehidupan yang muncul di tengah-tengah masyarakat di wilayah Kabupaten Klaten,” jelasnya, Senin (28/8/2023) siang.

Menurut Syamsuddin FKUB , dibentuk oleh masyarakat dan difasilitasi pemerintah dalam rangka membangun dan memelihara serta memberdayakan umat beragama untuk kesejahteraan. Sesuai visi bupati Klaten FKUB Klaten memberikan dukungan bahwa merawat kerukunan yang ada di masyarakat itu sekaligus juga untuk mewujudkan masyarakat Klaten yang maju, mandiri, dan sejahtera bagi seluruh pemeluk agama di khususnya di Kabupaten Klaten.

“Kesejahteraan bagi seluruh pemeluk agama di Indonesia dan khususnya Kabupaten Klaten. Saya berharap agar kerja sama antara FKUB Provinsi Kaltim dan Deli Serdang dengan FKUB Kabupaten Klaten ini dapat diteruskan dan semakin bersinergi untuk merawat kerukunan di masyarakat,” katanya.

Kabupaten Klaten dengan telah dibentuknya Paguyuban Kerukunan Umat Beragama ( PKUB ) di 26 Kecamatan dan di 401 Desa/Kelurahan telah menjadikan Klaten sebagai tempat untuk studi tiru dari berbagai Kabupaten/Kota maupun Provinsi di Indonesia.

“Sampai saat ini Klaten telah menerima kunjungan studi tiru dari berbagai FKUB Provinsi dan Kabupaten/Kota di Indonesia terkait dengan pembentukan PKUB di 401 Desa/Kelurahan se Kabupaten Klaten” kata Syamsuddin.

Dia berharap forum studi tiru nantinya bisa bertukar ilmu dan pengetahuan berkenaan dengan upaya merawat kerukunan dan toleransi antar umat beragama di tempat masing-masing.

“Terima kasih kepada Pemerintah dan seluruh jajarannya yang telah berkenan menfasilitasi setiap kegiatan kunjungan studi tiru dari berbagai daerah yang menjadikan Klaten ini sebagai tempat untuk kunjungan” katanya.

Dengan dibentuknya PKUB di 26 Kecamatan dan PKUB di 401 Desa/Kelurahan FKUB Kabupaten Klaten telah ditetapkan sebagai FKUB Kabupaten penerima Harmony Award dari Kementerian Agama RI.

Menurut rencana penyerahan Harmony Award dari Menteri Agama RI itu akan diserahkan Selasa ( 29/8/2023 ) di Hotel Borobudur Jakarta tetapi tiba-tiba ada pemberitahuan mendadak penyerahan Harmony Award ditunda.

“Oleh karena itu kita terap bersyukur bisa membersamai kunjungan studi tiru dari Kaltim dan Deli Serdang kali ini” pungkasnya.
( moch isnaini/ red )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *