Rolasan.id Klaten. ~ Polres Klaten bersama TNI Kodim 0723/Klaten dan Pemerintah Kabupaten Klaten menggelar simulasi kontijensi sispam rusuh massa menjelang pengamanan pilkades serentak tahun 2023. Simulasi dilaksanakan di Alun-alun Kab. Klaten dan dipimpin 3 unsur Forkompinda yakni Bupati Klaten Sri Mulyani, Dandim 0723/Klaten Letkol Czi. Bambang Setyo Triwibowo serta Kapolres Klaten AKBP Warsono, Rabu (31/5/2023).

Simulasi dilakukan mulai dari tahap awal pilkades seperti pendaftaran, masa tenang dan situasi kondusif pencoblosan. Eskalasi meningkat saat ada ketidakpuasan dari masyarakat dalam proses pencoblosan dan penghitungan. Gejolak massa yang terjadi kemudian berhasil ditangani berkat sinergi yang baik antar instansi di Kab. Klaten.

Bupati Klaten menyebutkan bahwa simulasi ini bertujuan untuk memastikan kesiapan seluruh stakeholder dalam pilkades serentak tahun 2023. Seluruh pihak yang terlibat dalam pilkades diharapkan siap mengantisipasi dan menangani setiap potensi gangguan kamtibmas.

“Dalam waktu dekat kita akan melaksanakan pilkades serentak di 67 desa. Dilaksanakan pada hari Rabu 5 Juli 2023. Apel dan simulasi ini bertujuan untuk mempersiapkan diri dalam menjaga keamanan dan kondusifitas pilkades serta membangun komitmen bersama.” Ungkap Bupati Klaten saat memberikan sambutannya

Sementara itu Kapolres Klaten menjelaskan bahwa pihaknya telah mempersiapkan personel dan juga sarana prasarana pendukung pengamanan. Dirinya ingin memastikan pelaksanaan Pilkades serentak tahun 2023 di Kab. Klaten berjalan aman dan kondusif.

“Personel pengamanan akan kita sesuaikan, disesuaikan dengan zonanya. Bagaimana karakteristik wilayah tersebut, kita akan pertimbangan untuk menentukan jumlah personel. Kita juga akan minta bantuan pasukan dari Brimob.” Jelasnya

Pihaknya juga akan memfokuskan kegiatan kepolisian di wilayah yang akan melaksanakan pilkades dan juga pendekatan kepada para calon.  Pendekatan ini akan dilakukan melalui kegiatan Jumat Curhat, silaturahmi dan juga Polisi RW agar tercipta situasi yang kondusi, aman baik pra maupun pasca pilkades.

“Kita akan lakukan edukasi kepada mereka untuk sama-sama menjaga kondusifitas wilayah.” Pungkasnya
( humas polres Klaten/ fat)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *