Muchtar Budi Wiyono Siap Majukan Dan Sejahterakan Desa Plawikan

Rolasan.id Klaten. – Niatan yang tulus ingin membangun Desa Plawikan  disampaikan Muchtar Budi Wiyono pada rolasan.id ketika ditemui saat mengikuti kesepakatan ciptakan Pilkaded Damai di gedung pertemuan Desa Plawikan, Kecamatan Jogonalan, Klaten, Jateng Senin (22/5/2023) malam.

Dirinya mengutarakan visinya untuk membangun Desa Plawikan, Kecamatan Jogonalan, Kabupaten Klaten. Muchtar Budi Wiyono merumuskan konsep visi misinya adalah Terwujudnya Tata Kelola Pemerintahan Yang Bersih, Jujur, Inovatif, Transparan, dan Akuntabel Desa Plawikan Yang Mapan Maju Sejahtera Dan Berbudaya.

Untuk mendukung  visi tersebut, maka Muchtar Budi Wiyono akan mengupayakan menjalankan misinya bisa terwujud dengan visi yang sudah dirumuskan.

Misi yang  yang diprogramkan oleh Muchtar Budi Wiyono, yang sekarang menjabat Sekretaris Desa Plawikan, antara lain: 1. Memberikan pelayanan yang baik dan informasi yang seluas-luasnya kepada masyarakat secara efektif, efisien, dengan menyediakan sarana public yang cepat dan tepat. 2. Meningkatkan pembangunan jalan desa dan gapuro  batas desa, jalan dan prasarana pertanian dan jalan lingkungan pemukiman. 3.Mengoptimalkan fungsi Balai Desa dan Taman Desa Plawikan. 4. Penataan pengelolaan sampah, 5.Penataan tempat kegiatan senam sehat dan UMKM, 6.Meningkatkan kegiatan pemberdayaan kapasitas kepemudaan dan olah raga.  7.Pembentukan komunitas peduli lingkungan dan penanggulangan  bencana.

Program program kegiatan prioritas berdasarkan visi misi  Muchtar Budi Wiyono yang akan dilaksanakan antara lain :
A.Bidang Pemerintahan Desa
1..Meningkatkan peran aktif lembaga desa/LKD, 2.Meningkatkan pelayanan masyarakat, 3.Penyediaan sarana public yang cepat dan tepat, 4.Mengedepankan asas musyawarah untuk menentukan kebijakan, 5.Faslitasi sertifikat tanah bagi warga miskin, 6.Pengembangkan potensi pariwisata desa.

B.Bidang Pembangunan Desa
1.Betonisasi dan pengaspalan jalan desa dan lingkungan pemukiman, 2.Meningkatkan sarana dan prasarana jalan, 3.Pembangunan gapura batas desa, 4.Meningkatkan perekonomian masyarakat dengan cara membangun / memperbaiki infrastruktur dan fasilitas lainnya, 5.Optimalkan fungsi balai desa dan taman desa Plawikan, 6.Meningkatkan sarana pendidikan dan kesehatan, 7.Fasilitas seni budaya dan sanggar seni.

C.Bidang Pembinaan Masyarakat
1.Meningkatkan kegiatan pemberdayaan kapasitias kepemudaan dan olah raga, 2.Pelatihan kelompok Tani dan KWT, 3.Menjaga dan meningkatkan kerukunan umat beragama lewat PKUB.

D.Bidang Pemberdayaan Masyarakat
1.Pemberdayaan kelompok ternak, 2.Pemberdayaan UMKM, 3.Pemberdayaan KWT,  4.Meningkatkandan pengelolaan BUMDes.

E, Bidang Penanggulangan Bencana, Mendesak, dan Darurat Desa, berupa Pembentukan Komunitas Peduli Lingkungan dan Penanggulangan Bencana.

Itulah program-program Muchtar Budi Wiyono yang akan dieksekusi ketika nanti dipercaya dan direstui oleh warga masyarakat Desa Plawikan, Kecamatan Jogonalan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah.

“Saya akan totalitas mengabdi untuk membangun Desa Plawikan  bila Warga masyarakat Desa Plawikan merestui saya menjadi Kepala Desa Plawikan. Insya Allah, segala kemampuan yang ada akan saya gunakan untuk mensejahterakan warga masyarakat Desa Plawikan.” Ucapnya
( ist/ fat)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post Satreskrim Polres Klaten Berhasil Amankan Empat Spesialis Bobol Brangkas Dan Gudang
Next post Lewat Gelar Budaya, Diskominfo Klaten Sosialisikkan Secara Masif Gempur Rokok Ilegal