Upaya Mengentaskan Kemiskinan, Kadarwati : Agar Tepat Sasaran Data Harus Valid

Rolasan.id Klaten. ~ Program pengentasan kemiskinan yang sedang gencar dilakukan oleh pemerintah saat ini mestinya dibarengi dengan data yang valid atau akurat sehingga program bantuan yang diberikan benar benar tepat sasaran.

Demikian kesimpulan dari acara Talk Show yang diselenggarakan kerjasama antara Dinas Komunikasi dan Informasi Pemerintah Provinsi Jawa Tengah dengan Lembaga Penyiaran Publik Lokal Radio Siaran Pemerintah Daerah (RSPD) Kabupaten Klaten, hari Jum’at (10/2/2023) dengan menghadirkan narasumber anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Jawa Tengah.

Seusai acara, salah satu narasumber anggota Komisi B DPRD Provinsi  Jawa Tengah dari Fraksi PDI Perjuangan, Kadarwati saat ditemui awak media mengaku kaget saat mengetahui bahwa di kabupaten Klaten masih ada wilayah yang termasuk dalam kategori miskin ekstrim. Dirinya sampai bertanya apakah pendataan yang dilakukan sebelumnya itu sudah benar atau bagaimana parameternya kemiskinan ekstrim tersebut.

Akan tetapi terlepas dari masih adanya sebagian warga Klaten yang masuk kategori miskin ekstrim, pemerintah sebenarnya sudah berupaya mengentaskan kemiskinan tersebut melalui beberapa program, diantaranya program keluarga harapan (PKH), pemberian BLT, KIP, BPNT.

“Program pemberian bantuan seperti itu adalah dalam rangka mengurangi beban pengeluaran atau biaya hidup sebuah keluarga, baik program itu berupa BLT, KIP atau bantuan lainnya.” Ujar Kadarwati

Kadarwati menambahkan, pemerintah juga sudah memberikan bantuan berupa pelatihan pelatihan untuk kegiatan ekonomi produktif sebagai sarana untuk mendapatkan penghasilan, dan juga bentuk bentuk bantuan lain seperti permodalan baik berupa peralatan untuk berusaha maupun modal berupa dana untuk mulai usaha.

“Kita ambil contoh seperti melalui dana aspirasi, bisa kita berikan bantuan permodalan bagi kelompok kerja, misalnya kita berikan mesin cuci kepada kelompok kerja yang kemudian membuat usaha Laundry. Ada anggota kelompok yang bertugas mencari pelanggan, ada yang bertugas menyeterika, ada yang bertugas menjemur.” Jelas Kadarwati.

Sebagai informasi bahwa kegiatan Talkshow yang dilaksanakan pada kesempatan ini dengan menghadirkan tiga narasumber dari anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah antara lain Kadarwati, Sukirno dan Deny Nur Cahyanto
( fat)







Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post Sidak Pasar Tradisional, Plt Camat Kalikotes : Stok Aman Hingga Lebaran
Next post Bupati Klaten Hadiri Festival Al-Quran, Begini Pesannya Untuk Para Santri