Tak Ada Suplai APBD Kabupaten, Desa Ini Maksimalkan Dana desa Untuk Ketahanan Pangan

Rolasan.id Klaten – Pemerintah Desa Plawikan menyerahkan bantuan keuangan tahun 2022 dan sk kepengurusan kepada 3 kelompok di 3 titik lokasi, jumlah bantuan sebesar 20 juta untuk 1 paguyuban dan 2 kwt yakni paguyuban ketahanan pangan dan perikanan Dadi Mulyo, kelompok wanita tani Bumi Rejo dan KWT Ngudi Lestari di desa setempat, Kamis (30/6/2022).

Penyerahan sk paguyuban dan 2 KWT serta penyerahan bantuan keuangan bersumber dari dana desa tersebut diserahkan Kepala Desa Plawikan, Lilik Ratnawati didampingi, Sekretaris Desa, BPD, Penasehat Program Ketahanan Pangan, Ir. Sugeng Riyanto,M,Sc, dan utusan dari  Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Henry Indraguna yaitu Bambang Husodo, bidang ops.hrd dan it, Yayasan Henry Indraguna Center (HIC).

Kades Plawikan, Lilik Ratnawati mengatakan, salah satu tugas pokok dan fungsi kepala desa adalah pembinaan dan pemberdayaan masyarakat desa. sumber-sumber pendanaan harus dicari dan dipelajari.

“Disaat bantuan keuangan dari APBD Klaten tidak ada, maka pemerintah desa Plawikan mengambil dari dana desa untuk bantuan keuangan desa. Sasarannya adalah kelompok masyarakat yang sudah aktif melakukan suatu kegiatan yang bermanfaat, berkelanjutan, sudah dikukuhkan dengan sk kepala desa serta sudah membuat proposal kegiatan”,katanya.

Dijelaskan, semangat dan gotongroyong warga masyarakat dalam membangun kebun ketahanan pangan di desa plawikan, telah menarik minat Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Henry Indraguna.

“Setelah dilakukan komunikasi dengan beliau dan timnya,  akan memberikan bantuan baik fisik dan non fisik yg masih akan diatur kemudian, mengingat salah satu produknya adalah berkaitan dengan ketahanan pangan, yaitu pupuk Mustika Tani HI-24.

Dukungan dari berbagai pihak sangat penting dalam hal pemberdayaan masyarakat, mengingat beberapa warga masyarakat di klaten masih dihadapkan pada permasalahan sosial dan ekonomi. maka kehadiran wantimpres ke desa plawikan sungguh berarti dan bermanfaat.

“Maksud dan tujuan diberikannya bantuan keuangan dari dana desa adalah untuk lebih meningkatkan manfaat dan peran serta para anggotanya melestarikan ketahanan pangan sesuai arahan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo “,ujarnya.

Sementara itu utusan dari Wantimpres, bambang husodo mengapresiasi program ketahanan pangan pemdes plawikan, dalam kesempatan tersebut juga diserahkan bantuan berupa pupuk cair mustika tani hi-24.

“Saya mewakili Henry Indraguna mengapresiasi geliat program ketahanan pangan yang digerakkan Kades Plawikan, kerjasama terus dapat ditingkatkan karena salah satu program yayasan HIC ini adalah penguatan ketahanan pangan”,ucapnya.

Atas bantuan keuangan tersebut 2 kwt dan 1 paguyuban ini, Dedi dari Paguyuban ketahanan Pangan dan Perikanan merasa termotifasi untuk melanjutkan program ketahanan pangan sesuai dengan arahan Pemdes Plawikan.

“Kalau sampai menjadi percontohan itu bukan target kami, yang jelas melalui kegiatan ini semangat kegotong troyongan wara yang selalu kita rawat, dengan kepedulian Pemdes ini tentu menjadi motifasi dalam penguatan ketahanan pangan dengan mengoptimalkan lahan kas desa yang mangkrak menjadi lebih produktif”,pungksanya. (Fat)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post Sebanyak Enam Pasangan Tidak Resmi Di Klaten Kena Razia Satpol PP
Next post Nekat Bobol Kios Dua Pemuda Berurusan Dengan Polisi