Rolasan.Id, Yogyakarta – Berawal dari kiprahnya mengelola Koperasi Mahasiswa (KOPMA) di salah satu kampus di Yogyakarta, kini Mukhlisin yang telah sukses mengelola berbagai jenis usaha mulai dari bisnis jasa titip oleh-oleh Jogja, bisnis donat icing, properti, jual beli mobil hingga bisnis traveling (Muti Travel).

Pengusaha muda asal Pandeglang, Banten, tersebut membeberkan pengalaman bisnisnya sebagai narasumber dalam webinar bertajuk “UMKM Hebat Ekonomi Kuat! Kupas Tuntas Strategi Jualan Laris Manis di Sosial Media (Facebook, Instagram & TikTok)” pada Selasa (6/8/2024) malam.

STAIT Yogyakarta bersama Mahasiswa KKN 2024, Kelompok 1, mengemas webinar ini sebagai sarana untuk memberikan kontribusi positif terhadap kemajuan UMKM dengan memanfaatkan platform media sosial, dengan menghadirkan pakar yang kompeten.

“Berawal dari pengelolaan KOPMA sebagai staf administrasi, inilah saya menemukan betapa pentingnya pengelolaan keuangan dan adanya laporan keuangan sebagai salah satu kunci kesuksesan dalam mengelola usaha apa pun yang kita tekuni. Bahkan sekarang sudah ada aplikasi sederhana untuk membuat laporan keuangan usaha,” katanya di hadapan para peserta webinar.

Dia menyebut ada perbedaan antara memulai usaha dengan memulai jualan. Jika memulai jualan identik dengan kulakan, berjualan, dan mendapatkan keuntungan, sementara untuk berbisnis alurnya harus mencari ide, memanfaatkan digital marketing sebagai sarana promosi, serta membangun tim yang kuat untuk memperlancar layanan atas bisnis yang kita miliki.

“Untuk memperluas jaringan pemasaran, kita harus pandai memanfaatkan jejaring media sosial seperti IG, Facebook, TikTok, dan lainnya. Namun, semuanya harus dilakukan step by step, mulai dari membuat username dan password, bio yang menarik, posting berkelanjutan, bahkan setiap hari lebih dari satu postingan. Pasang IG Ads atau Marketplace di Facebook, adakalanya kita juga harus menyelingi dengan konten yang menarik, menghadirkan testimoni customer, dan menguatkan kolaborasi postingan,” ucapnya.

Herwinsyah, M.Kom., selaku dosen pembimbing lapangan KKN Mahasiswa STAIT Yogyakarta, dalam pengantar webinar menyebutkan bahwa topik yang diangkat ini sangat relevan di dunia kerja, bisnis, dan keberadaan media digital sangat penting.

“Dari tahun 2017 hingga sekarang, pengguna media sosial ini mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Dari 106 juta pengguna aktif media sosial waktu itu, pada awal tahun ini sudah menyentuh angka 167 juta pengguna media sosial aktif atau 60% dari jumlah penduduk aktif di Indonesia,” terangnya.

Namun demikian, menurutnya, jika kita tidak tahu strategi dalam penggunaannya, dalam mengemas produk, jenis usaha yang kita miliki sama saja kita tidak bisa apa-apa. Untuk itu, melalui webinar ini, kami dari kampus berupaya untuk memberikan tambahan pengalaman, pencerahan terkait berbisnis melalui media sosial. Informasi seputar webinar lainnya juga bisa Anda simak melalui website STAIT Yogyakarta di https://staitbiasjogja.ac.id/

Editor : Kelompok 1 Mahasiswa KKN STAIT Yogyakarta 2024

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *