Manasik Bersama Guna Bekali Calon Jamaah Haji Lebih Mandiri

Rolasan.id Klaten. ~ Simulasi dan praktek ibadah Umroh dan Haji menjadi momen penting bagi Jamaah Calon Haji ( JCH ) untuk kesempurnaan pelaksanaan ibadah haji bagi para Jamaah Calon Haji yang akan berangkat tahun 2024 ini.

Hal itu disampaikan ketua Panitia Penyelenggara Bimbingan Manasik Haji dalam hal ini Kementerian Agama Kabupaten Klaten berkolaborasi dengan IPHI Kabupaten Klaten, Yayasan Jamaah Haji Kabupaten Klaten dan Forum Komunikasi KBIHU ( FK KBIHU ) Kabupaten Klaten Drs.H Sunarto, M.Hum pada acara kegiatan Simulasi Umroh dan Haji bagi para calhaj Kabupaten Klaten Rabu ( 24/4/2024 ) di Ponpes Nasyirul Washatiyah Klaten.

“Kegiatan Simulasi ini bertujuan untuk memberikan informasi dan gambaran keadaan yang sesungguh di Tanah suci sehingga para JCH terbiasa dengan yang dilakukan dalam kegiatan ibadah.” katanya.

Dijelaskan simulasi tersebut diawali dengan berkumpulnya JCH di Ponpes Nasyirul Washatiyah Klaten yang di dalamnya diibaratkan sebagai kota Mekah dan bersiap berangkat ke Arofah, Muzdalifah dan Mina yang sebelumnya JCH telah mempraktekkan pemakaian pakaian Ihram dan umroh.

“JCH melalui para pembimbing dan pendamping praktek dalam perjalanan dari Embarkasi Donohudan menuju Bandara King Abdul Azis di Jeddah.

Setelah sampai di Miqat JCH juga melakukan shalat sunnat ihram, niat umroh dan menuju ke hotel di Mekkah dan selanjutnya berangkat ke Masjidil Haram untuk melakukan praktek umroh dengan Tawaf , Sa’i dan tahalul.

“Jamaah seakan terhipnotis melihat bangunan Ka’bah dihadapannya dengan serius mengelilingi tanpa menghiraukan teriknya matahari membakar kulitnya sambil melafaskan doa saat Tawaf dan Sa’i dengan dipandu oleh pembimbing ibadah haji”katanya.

Sebelum dimulainya Ketua panitia dan para petugas menjelaskan kepada seluruh JCH bahwa simulasi umroh dan haji ini agar sesampai di Tanah Suci nantinya para JCH tidak merasa asing dalam melaksanakan seluruh rangkaian pelaksanaan ibadah umroh dan haji, maka dengan simulasi ini diharapkan seluruh JCH mengikuti dengan baik dan bersungguh sungguh mengikutinya.

Sebanyak 1.161 orang JCH asal Klaten yang mengikuti simulasi ini mengaku senang dan gembira karena para JCH telah memiliki gambaran proses perjalanan haji mulai dari awal hingga akhir.

Ketua KBIHU Arofah PDM Klaten dr. Husen Prabowo memberikan apresiasi dengan kegiatan simulasi umroh dan haji bersama ini di Kabupaten Klaten.

“Momen simulasi umroh dan haji ini setidaknya dapat memberikan gambaran kepada JCH terkait urutan ibadah yang nanti akan dilakukan para jamaah saat di TanahSuci” katanya.
Penulis : Moch Isnaini
Editor. : Fath

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post Cegah Perundungan Dilingkungan Sekolah, SMPN 2 Klaten Launching Kick Bullying Out
Next post Ingin Majukan Klaten Maju Bermartabat, Owner Penyetan Banyuwangi Siap Maju Mencalonkan Bupati