Syamsuddin Asyrofi: FKUB Klaten Membagun Sinergitas Untuk Merawat Kerukunan Antar Umat Beragama

Rolasan.id Klaten. – Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama ( FKUB ) Kabupaten Klaten KH Syamsuddin Asyrofi mengatakan bahwa dalam upaya menjaga kondusifitas masyarakat maka peran tokoh lintas agama sangat penting dan diperlukan kehadirannya di masyarakat. Hal itu disampaikan Syamsuddin Asyrofi pada acara Rapat Koordinasi Paguyuban Kerukunan Umat Beragama ( PKUB ) Kecamatan dan Desa/Kelurahan di Kecamatan Karangdowo Klaten Selasa ( 30/1/2024 ).

Ketua FKUB Klaten H. Syamsuddin Asyrofi menjelaskan bahwa pola hubungan yang harmonis antar umat beragama dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara itu sangat penting untuk penguatan membangun NKRI.

“Oleh karena itu FKUB dan tokoh lintas agama berperan besar dalam pembangunan bangsa untuk menciptakan kerukunan dengan suasana aman dan damai sebagai langkah menuju kerukunan antar umat beragama,” katanya.

FKUB menurutnya dapat menyadarkan para tokoh lintas agama, bahwa perbedaan tidak menjadi penghalang dan penghambat untuk berinteraksi sosial.

“Perbedaan untuk kebersamaan dalam membangun kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara adalah hal yang sangat diharapkan,” ujarnya.

Dikarakan membangun Sinergitas Untuk Merawat Kerukunan Antar Umat Beragama di Klaten telah menjadi kebutuhan bersama. Hal ini dimaksudkan untuk membangun sinergi di tengah keberagaman di masyarakat dalam bingkai NKRI.

“Rakor ini dilakukan dalam rangka membangun konsolidasi organisasi dan penguatan kerjasama yang sinergis antar FKUB dan PKUB berikhtiar untuk menjaga kondusifitas dan merawat kerukunan menjelang Pemilu Tahun 2024” katanya.

Dijelaskan strategi membangun sinergi dalam keragaman dan keberagamaan di masyarakat akan terus dilakukan oleh FKUB dan PKUB dalam setiap kesempatan untuk mewujudkan kerukunan antar umat beragama dalam bingkai NKRI.

Camat Karangdowo Tomisilla Adhitama menyampaikan banyak terimakasih dan apresiasi kepada seluruh pengurus FKUB Kabupaten Klaten yang telah berkenan memberikan pembinaan dan pendampingan kepada PKUB Kecamatan dan Desa/ Kelurahan di Karangdowo.

“Pembinaan ini dirasa sangat diperlukan dan sangat penting untuk membangun sinergitas merawat kerukunan di masyarakat guna menyongsong pemilu tanggal 14 Februari 2024 yang aman dan damai” katanya

( moch isnaini/ red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post Sinergitas Tokoh Lintas Agama Untuk Merawat Kerukunan Menyongsong Pemilu Damai 2024
Next post Omah Solidaritas Klaten Gelar Munajah Kubro Dalam Rangka Menangkan Paslon Capres 02