Menggelar Forum Discusion, Kadarwati: Pentingnya Memahami Ideologi Pancasila

Rolasan.id Klaten. ~ Anggota Komisi B DPRD Provinsi Jawa Tengah dari Fraksi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (FPDIP) Kadarwati, menggelar Forum Grup Discusion (FGD) dengan mengambil tema “Manifestasi Pancasila Dalam Berkehidupan Berbangsa dan Bernegara”, di rumah kediamannya Desa Jatipuro kecamatan Trucuk kabupaten Klaten, Jateng, Kamis (25/1/2024)

Dalam acara tersebut dihadiri oleh Ketua DPRD Kabupaten Klaten, Hamenang Wajar Ismoyo, Kepala Desa Jatipuro Trucuk, Tulus Nugroho , warga masyarakat, kader dan pengurus ranting PDIP se wilayah kecamatan Trucuk serta tokoh masyarakat setempat.

Kadarwati mengatakan bahwa mengingat pentingnya warga masyarakat untuk lebih mengerti dan memahami secara mendalam terkait ideologi Pancasila di dalam implementasinya dalam kehidupan sehari hari maka hari ini diselenggarakan forum grup discusion (FGD) dengan mengambil tema ” Manifestasi Pancasila Didalam Berkehidupan Berbangsa dan Bernegara “. Kegiatan hari ini menghadirkan para tokoh masyarakat, ketua RT, Ketua RW, kader dan Pengurus Ranting PDIP se wilayah Kecamatan Trucuk.

“Yang kami Undang dalam acara ini para Ketua RT, Ketua RW serta Pengurus Ranting PDIP, mereka adalah orang yang ditokohkan di wilayahnya, diharapkan dengan mengikuti kegiatan yang membahas tentang ideologi negara Pancasila, Bhineka Tunggal Ika ini nantinya mereka akan menularkan apa yang didapatkannya kepada warga masyarakat,” ungkap Kadarwati.

Lebih lanjut Kadarwati menjelaskan, ideologi Pancasila merupakan sari dari nilai nilai luhur yang dipegang dan dijalankan oleh nenek moyang yang kemudian oleh bapak pendiri bangsa, Bung Karno nilai nilai luhur bangsa tersebut dielaborasi menjadi lima sila yang saat ini kita kenal sebagai Pancasila.

Kadarwati menambahkan pada setiap sila dalam Pancasila itu dapat kita terapkan dalam kehidupan sehari hari agar bangsa Indonesia ini tetap memiliki jiwa dan semangat nasionalisme, kebangsaan dan kekeluargaan yang berkeadilan. Pancasila adalah pendorong dari sikap kegotongroyongan dalam masyarakat, persatuan dan kesatuan dalam masyarakat, toleransi dalam kehidupan beragama di dalam masyarakat.

“Yang harus diketahui bahwa nilai nilai toleransi beragama, kemanusiaan, kekeluargaan dan persatuan, musyawarah untuk mufakat dan keadilan dalam bermasyarakat berbangsa dan bernegara itulah Pancasila,” pungkas Kadarwati.
( ist/ fat)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post Nurcholis Laksanakan Reses, Upayakan Kerjasama PKU Muhammadiyah Wedi Dengan BPJS
Next post Kasus Penipuan di Magelang Surat Terdakwa Ditolak Hakim Karena Seolah Olah Hakim Yang Minta