Rolasan.id Klaten. ~ Mahasiswa Universitas Gajah Mada ( UGM ) Yogyakarta laksanakan pengabdian kepada masyarakat atau kuliah kerja nyata di Desa Kalikotes, Kecamatan Kalikotes, Klaten, pengabdian tesebut diwujudkan dengan memberikan edukasi terkait dengan cara berternak ikan lele dengan menggunakan botol bekas sebagai media kolam.

Kegiatan sosialisasi tersebut dilaksanakan di Central Rumah Hidroponik desa setempat pada Sabtu (29/7/2023) yang juga dihadiri langsung oleh Kepala Desa Kalikotes Ponidi.

Ditemui disela sela acara Kades Kalikotes, Ponidi menjelaskan mahasiswa yang laksanakan kegiatan sosialisasi tentang cara berternak ikan lele dengan botol bekas sebagai media kolamnya ( Aquaponik ).

“Dalam menjalankan pengabdian kepada masyarakat atau melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi melalui KKN ini, para mahasiswa ikut membantu dalam program melengkapi wahana Central Rumah Hidroponik, jadi di rumah hidroponik itu mengembangkan tentang sayur sayuran, guna melengkapi itu mahasiswa memberikan edukasi terkait beternak lele dengan sistem aquponik.” Kata Ponidi

Aquaponik ini nantinya untuk pemberdayaan masyarakat yang mengembangkan dari rumah ke rumah dalam rangka penjegahan stunting, lenjutnya

Sementara itu salah satu mahasiswa UGM jurusan kimia murni, Hanafi Nur Yasin mengatakan tujuan dari sosialisasi Aquaponik ini sebagai upaya pencegahan stunting yang angkanya masih tinggi.

“Aquaponik merupakan media untuk memelihara ikan yang tidak memerlukan tempat yang besar, cukup dengan botol bekas yang dimanfaatkan untuk media kolam ikan.” Jelas Hanafi Nur Yasin

Tujuan untuk mensosialisasikan program Aquaponik ini sebagai upaya pencegahan stunting yang saat ini masih tinggi, dan warga masyarakat mempunyai kesadaran sejak dini bahwa makan ikan itu salah satu pencegahan stunting.
( fat )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *