Tema Musda Memakmurkan Masjid Memajukan Klaten, Wujud Muhammadiyah Komitmen Dan Dukung Program Pemerintah

Rolasan.id Klaten. ~ Memakmurkan Masjid Memajukan Klaten diangkat menjadi tema Musyawarah Daerah ( Musda ) periode Muktamarke-48 Pimpinan Daerah  Muhammadiyah ( PDM ) dan Pimpinan Daerah Aisyiyah ( PDA ) Klaten yang akan diselenggarakan  pada Ahad ( 30/7/2023 ) di komplek perguruan Muhammadiyah Prambanan Klaten.

Semula Musda akan berlangsung tanggal 23 Juli 2023 karena adanya beberapa pertimbangan kemudian  diundur tanggal 30 Juli 2023 di tempat yang sama. Hal tersebut disampaikan Sekertaris  PDM Klaten Ishak Sulistyo di Kantor PDM Klaten  usai Muspimda tanggal 18 Mei 2023 yang lalu.  Menurutnya saat ini sedang dilakukan  rapat -rapat koordinasi secara intensif dengan para pimpinan ortom dan Majelis/ Lembaga  PDM Klaten serta panitia setempat untuk mempersiapkan dan mematangkan Musda yang akan datang.

“Tema memakmurkan masjid memajukan  Klaten  sejalan dengan program Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten yang kembali menggelar Gerakan Sholat Subuh Berjamaah (GSSB) mulai Ahad, ( 15/2/ 2023 )” katanya.

Gerakan  Sholat Subuh Berjamaah yang gelar Pemkab Klaten tersebut menurut Ishak  Sulistyo dengan tujuan sebagai upaya untuk memakmurkan masjid di Klaten.

“Muhammadiyah berkomitmen mendukung program pemerintah dengan GSSB yang telah dimulai dari tingkat Kabupaten. Kita berharap GSSB ini dapat dilaksanakan juga ditingkat kecamatan dan Desa/Kelurahan dengan maksud agar masjid-masjid yang ada di Klaten ini benar-benar makmur dengan sholat berjamaah” katanya.

Menanggapi adanya usulan terkait dengan tema memajukan Klaten agar diganti dengan memajukan Ranting Ishak mengatakan bahwa memakmurkan masjid ini berarti menggerakkan Ranting untuk sktif memakmurkan masjid.

“Semua pimpinan Ranting Muhammadiyah yang tersebar di 401 Desa/Kelurahan yang ada di Klaten akan maju jika saja mereka mampu memakmurkan masjid yang ada di Rantingnya.” katanya.

Sementara memajukan Klaten dalam tema tersebut menurut Ishak Sulistyo juga sejalan dengan visi dan misi Pemerintah Kabupaten Klaten.

” Visi dan misi pemerintah Kabupaten Klaten  maju mandiri dan sejahtera selayaknya patut didukung oleh Muhammadiyah dan keluarga besarnya dengan isu memajukan Klaten yang termaktub dalam tema Musda kali ini ” ujarnya.

Sebagaimana diketahui kegiatan GSSB di Klaten diikuti oleh Bupati Klaten Sri Mulyani, Wakil Bupati, Sekretaris Daerah, Asisten Setda Kabupaten, Kepala OPD Kabupaten, Camat se-Kabupaten Klaten dan lainnya.

Ketua Takmir Masjid Agung Al Aqsha Klaten, Mustari  mengungkapkan bahwa Pemerintah Kabupaten Klaten telah ikut berupaya memakmurkan Masjid Agung Al Aqsha Klaten dengan cara menggelar kegiatan Gerakan Sholat Subuh Berjamah (GSSB) dimana kegiatan tersebut digelar secara rutin  setiap Ahad Legi.

“Dalam rangka memakmurkan masjid, takmir Masjid Agung Al Aqsha Klaten mengadakan  beberapa kegiatan antara lain sholat berjamaah  bagi seluruh masyarakat, kajian rutin, tablig akbar, dan semarak Ramadham dsb. Dan Pemkab Klaten sendiri juga berupaya memakmurkan masjid ini dengan Gerakan Sholat Subuh Berjama’ah pada setiap ahad legi. Kami selaku takmir akan berusaha memberikan pelayanan yang terbaik bagi jamaah,” tuturnya.

Diakhir kegiatan Gerakan Sholat Subuh Berjamaah  biasanya diisi dengan tausyiyah dengan pembicara yang telah ditunjuk oleh Pemkab Klaten. ( *Moch.Isnaeni*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post Upaya Wujudkan Pilkades Kondusif, Pemkab Klaten Gelar Apel Siaga Pengamanan
Next post Peringati Hari Lahir Pancasila, Kadarwati Ajak Nguri Nguri Budaya Tradisional