Talk Show di Radio, Sejumlah Legislator Dapil 7 Pantau Kesiapan Mudik Pemprov Jateng

Rolasan.id Klaten. ~ Beberapa anggota DPRD Provinsi Jawa Tengah melakukan talk show dengan mengambil tema “Mudik Aman, Lebaran Berkesan” anggota DPRD tersebut antara lain Kadarwati, Hartanto dan Sukirno merupakan dari Fraksi PDI Perjuangan dan satu anggota DPRD dari Fraksi PAN Sri Marnyuni.

Talk show tersebut ada di dua tempat yakni di RSPD Klaten dan Salma Radio Komplek RSI Klaten pada Kamis (13/4/2023), jadwal pertama di RSPD dan berikutnya di Salma Radio hingga menjelang buka puasa.

Menurut keterangan Kadarwati kepada media ini mengatakan, moment lebaran tanggal 1 Syawal 1444 H tahun 2023 Masehi kali ini semoga akan terlaksana dengan aman, lancar dan berkesan.
“Semoga lebaran tahun ini berjalan dengan aman, nyaman, lancar dan berkesan, karena kita lihat animo masyarakat yang merantau sudah mulai terlihat geliatnya untuk mudik, ” Harap Kadarwati

Dirinya menambahkan diperkirakan jumlah orang yang akan melakukan mudik tahun ini sebanyak kurang lebih 123 juta orang secara nasional. Sedangkan untuk orang yang akan mudik ke Jawa Tengah itu sekitar 77 juta orang. Untuk memfasilitasi pemudik sedemikian besar itu, perlu persiapan tentang keamanan selama di jalan, soal pengangkutan,  soal jalur lalu lintas dan juga terkait akomodasi.

‚ÄĚKepada para pemudik diharapkan mempersiapkan segala sesuatunya, seperti tiket bagi mereka yang menggunakan alat transportasi umum, bekal uang yang cukup untuk beli bahan bakar bagi mereka yang menggunakan kendaraan pribadi dan tidak kalah penting untuk keperluan kesehatan atau obat obatan ringan.” Jelas Kadarwati.

Sementara Sri Marnyuni yang dihubungi media ini disinggung terkait jalan raya yang dimungkinkan rusak, dirinya menjelaskan bahwa anggota DPRD sudah jauh jauh hari telah berkoordinasi dengan pihak terkait, agar jalan yang diperkirakan untuk jalur mudik segera diperbaiki.

“Kami telah berkoordinasi dengan pihak terkait jauh jauh hari sebelum bulan puasa, agar jalan jalan yang diperkirakan untuk jalur mudik segera diperbaiki, dan kami memberi masukan agar jalan jalan  tersebut sebelum diaspal sebaiknya dicor terlebih dahulu karena lebih tahan  lama.” Ujar Sri Marnyuni

Dijelaskan mengenai efek positif fenomena mudik tersebut bagi perekonomian. Diilustrasikan, bila satu orang sehari makan tiga kali maka daerah tujuan mudik harus mempersiapkan bahan makanan 3 piring dikalikan 123 juta selama 6 hari masa cuti bersama. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut perlu ketahanan pangan.

Selain itu, di saat momen lebaran itu juga sudah menjadi tradisi, para pemudik bersama keluarga dipastikan akan melakukan silaturahmi ke tempat keluarga lain yang biasanya dilanjutkan dengan berrekreasi ke obyek wisata. Pada saat berrekreasi ke obyek wisata itu tentunya mereka butuh istirahat, makan dan minum dan ini merupakan kesempatan bagi para pelaku UMKM terutama kuliner untuk perkenalkan hasil produksinya
( fat)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Previous post Kunjungi Pekerja Ojek Dan Pejuang Sampah, Kadarwati Ingin Dekat Dengan Masyarakat Dan Berbagi
Next post Pembangunan Rest Area Desa Belangwetan Capai 95%, Hartono : Semoga Bermanfaat Dan Jadi Pertumbuhan Ekonomi