Rolasan.id Klaten. ~ Dalam upaya terus meningkatkan layanan terhadap warga masyarakat, Ombudsman RI Perwakilan Jawa Tengah bersama Pemkab Klaten selenggarakan Sosialisasi Kepatuhan Penyelenggaraan Pelayanan Publik di lingkungan Pemerintah Kabupaten Klaten di pendopo Pemkab Klaten Kamis (9/2/2023). Kegiatan ini di ikuti oleh seluruh Camat serta OPD dilingkungan Pemkab Klaten
Ditemui awak media menurut keterangan Kepala Ombudsman RI Perwakilan Jawa Tengah Siti Farida kepada media ini usai acara mengatakan pada tahun 2022 jajaran Pemkab Klaten memiliki peringkat cukup baik atau zona hijau dalam hal pelayanan publik, prestasi yang patut dibanggakan.
“Prestasi pada tahun 2022 Pemkab Klaten mendapatkan nilai cukup baik atau zona hijau dalam hal pelayanan publik patut dibanggakan, untuk itu seharusnya dipertahankan, bahkan seharusnya lebih ditingkatkan lagi pada tahun 2023.” Kata Siti Farida
Dirinya merasa yakin jika kepemimpinan Bupati Klaten Sri Mulyani, akan mampu meningkatkan kualitas pelayanan publik dengan menyediakan sarana ataupun perangkatnya, menurutnya dia tahu betul komitmen Bupati Klaten.
“Saya berharap, hendaknya Pemkab Klaten memberikan reward atau penghargaan kepada OPD di lingkungan Pemkab Klaten yang telah menyelenggarakan pelayanan publik dengan baik, dengan penghargaan tentunya para Kepala OPD akan bekerja secara maksimal.” Ujar Siti Farida
Sedangkan Plt Camat Kalikotes Veronika Retno Setyaningsih yang ikut hadir dalam sosialisasi tersebut kepada media rolasan.id mengatakan bahwa di Kantor Kecamatan Kalikotes telah melaksanakan pelayanan terpadu dengan indeks penilaian cukup baik atau zona hijau.
“Kami ikuti sosialisasi ini dalam rangka ingin meningkatkan kembali pelayanan kepada warga masyarakat, walaupun predikat pelayanan kami sudah zona hijau dalam penilaian.” Kata Veronika Retno Setyaningsih
Lebih lanjut dirinya mengatakan sejak Januari 2023, pelayanan yang ada di Kantor Kecamatan Kalikotes sudah menempati tempat khusus dengan tiga loket, salah satu loket khusus untuk penyandang disabilitas dan lansia.
“Kami juga lakukan instrumen evaluasi dan juga tempat aduan, tentunya dengan instrumen evaluasi dapat meningkatkan layanan terhadap warga masyarakat.” Pungkasnya
( fat)